Tanya pembaca: Siapa Penemu Pulau Selandia Baru?

Legenda Selandia Baru Seorang Belanda, Abel Tasman, adalah orang Eropa pertama yang melihat negeri ini namun Inggrislah yang menjadikan New Zealand bagian dari kerajaannya.

Siapa orang pertama yang memetakan Selandia Baru?

Orang Eropa tidak mengunjungi lagi Selandia Baru sampai tahun 1769 ketika penjelajah Britania, James Cook, memetakan hampir semua pesisirnya.

Siapa yang menemukan Australia dan Selandia Baru?

Orang Eropa pertama yang melihat-lihat Selandia Baru adalah penjelajah asal Belanda, Abel Tasman.

Siapa penemu Selandia?

Abel Janszoon Tasman (lahir di Lutjegast, Groningen pada tahun 1603 – meninggal di Batavia, 10 Oktober 1659) adalah penjelajah dan pedagang berkebangsaan Belanda yang terkenal dengan perjalanannya pada 1642 dan 1644 untuk Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).

Di benua manakah Selandia Baru?

Selandia Baru merupakan negara yang telepas dari Australia. Selandia Baru ada di benua Australia dan kawasan Oceania ini memiliki penduduk yang ramah dan rendah hati. Penduduk New Zealand kebanyakan keturunan Eropa. Selain keturunan Eropa ada pula yang merupakan suku asli Maori, orang Asia, dan orang kepulauan Pasifik.

Apakah Selandia Baru pernah di jajah?

Ini juga alasan mengapa Selandia Baru dijuluki sebagai Negeri Kiwi. Walau dikenal menjadi salah satu negara yang dijajah Inggris, nama New Zealand sendiri sebenarnya diberikan oleh Belanda, bukan Inggris.

You might be interested:  Pulau Yang Ada Di Sulawesi Tenggara?

Kapan Selandia Baru Ditemukan?

Negara New Zealand tergolong sebagai negara maju bahkan tingkat pertumbuhan ekonominya bersaing dengan Eropa Selatan dalam beberapa hal, salah satunya Indeks Pembangunan Manusia yang berada diurutan ketiga di dunia. Perdagangan internasional menjadi andalan negara ini, terutama hasil pertanian.

Apakah Selandia Baru sama dengan New Zealand?

Penjelajah asal Britania James Cook yang belakang sekali menginggriskan nama tersebut menjadi ” New Zealand “, atau Selandia Baru dalam bahasa Indonesia.

Kapan pulau Tasmania ditemukan?

Abel Tasman, seorang penjelajah asal Belanda dalam catatan hariannya itu, tengah memimpin ekspedisi VOC dari Batavia menuju kawasan yang belum terpetakan. Hari ini, 377 tahun yang lalu, tepatnya 24 November 1642, Ia melihat Pulau Tasmania, salah satu pulau di negara bagian Australia.

Siapa penemu dari pulau Tasmania?

Laut ini ditemukan oleh penemu Belanda, Abel Janszoon Tasman, pertama kali mencatat rekor Eropa kepada mengunjungi Selandia Baru dan Tasmania.

Bagaimanakah pelayaran yang dilakukan Abel Tasman?

Pada 1643, Tasman berlayar ke wilayah Tonga dan Fiji, dan dalam perjalanannya ia berhasil menemukan New Zealand, yang saat itu dinamakan Staten Land. Saat ekspedisi keduanya dilakukan, pada 1644 sampai 1645, Tasman kembali ke wilayah Pasifik Untuk menjelajah teluk Carpentaria, dan pantai utara Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top