Jembatan Yang Menghubungkan Pulau Jawa Dan Madura?

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.

Jembatan Apa yang menghubungkan antara Madura dan Jawa Timur?

Indonesiabaik.id – Jembatan Suramadu (Surabaya- Madura ) adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura (Bangkalan, tepatnya timur Kamal). Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini, dengan panjang 5.438 m.

Suramadu Kota apa?

Jembatan utama menggunakan konstruksi cable stayed yang ditopang oleh menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan menggunakan konstruksi komposit setebal 2,4 meter. Untuk mengakomodasi pelayaran kapal laut yang melintasi Selat Madura, jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter dari permukaan laut.

Berapa lama proses pembangunan Jembatan Suramadu?

Pembangunan Jembatan Suramadu Sempat Tersendat Pada 2001, Pemprov Jawa Timur mulai melirik pembangunan jembatan dan disetujui oleh pemerintah pusat melalui Keppres Nomor 79 Tahun 2003. Proses pembangunan jembatan megah ini memakan waktu hampir 7 tahun dan menelan biaya senilai Rp 5,5 triliun.

jembatan Suramadu jenis jembatan apa?

Terbagi dalam 3 Jenis Jembatan Struktur yang ada dalam jembatan Suramadu terbagi menjadi tiga bagian utama, Kids. Diantaranya adalah jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

You might be interested:  Jawaban Cepat: 5 Gunung Yang Ada Di Pulau Jawa?

Apa kepanjangan Jembatan Suramadu?

KOMPAS.com – Hari ini, 11 tahun lalu, tepatnya pada 10 Juni 2009, Jembatan Suramadu diresmikan. Jembatan yang menghubungkan Surabaya dengan Madura itu diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Disebut Suramadu karena merupakan akronim dari Surabaya-Madura.

Jembatan Suramadu menghubungkan Kota apa?

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia.

Kenapa dinamakan Jembatan Suramadu?

Jembatan Suramadu merupakan jembatan nasional Indonesia yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Dinamakan Suramadu karena titik penghubungnya adalah dari Surabaya (Sura) dan Bangkalan yang terdapat di Pulau Madura (Madu). Sebuah akronim yang unik ya untuk menamai jembatan.

Jembatan Suramadu terbuat dari bahan apa?

Pembangunan Suramadu menghabiskan 650 ribu ton beton dan 50 ribu ton besi baja. Jembatan ini juga diperkirakan mampu menahan beban dengan berat satu kendaraan sekitar 10 ton.

Apakah jembatan Suramadu bisa dibuka?

10 Juni 2009

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top